Selasa, 08 April 2008

TUGAS JARKOM 8 APRIL 2008

Tugas Jarkom 8 April 2008 adalah sbb,
Buatlah tulisan di blog ini yang berfokus pada masalah berita jaringan komputer bulan April, topik boleh apa saja dari mana saja, sebutkan sumbernya.

Contoh :
Judul,Jaringan Komputer di PT. X.
sumber : detik.com, 8 April 2008

Opini menurut anda bagaimana ?, tuliskan dalam bentuk 2 paragraf, 1 paragraf = 5 baris kalimat.

Tulis Nim dan Nama.

Setelah itu di posting.

Deadline tugas ini 24 jam dari sekarang.

Salam

IGN Mantra, M.Kom

Cara Posting :
1. Klik Tugas Jarkom 8 April 2008
2. Klik Posting sebuah komentar
3. Tulis di Editor
4. Submit/Publish Tugas Anda
5. Check dengan refresh halaman

34 komentar:

e-learning.mantra mengatakan...

Networked Storage for All
04.08.08

Total posts: 1

Whether you're looking for a small device to store your home media on or a heavy-duty beast that can meet your growing business' needs, there's a NAS box for you. There's even one for Macs!

by Oliver Rist

NAS (network attached storage) devices continue to be hot tickets, and I can definitely see the competition for home-oriented NAS boxes becoming more refined. While Windows Home Server still holds a top spot in terms of home-specific features and ease of use, other vendors are quickly catching up. Netgear's ReadyNAS Duo two-disk box combines a lower price point from its NV+ iteration with a revamp of its ReadyNAS firmware built specifically for home users.

Apple and Buffalo also offer one- and two-disk NAS products for the home, though with a different philosophy than HP, Microsoft, or Netgear. Apple's taking a no-frills backup-only approach with its Time Capsule, and Buffalo's LinkStation Pro Duo reworks what looks like a small business product the same way—backup first and foremost is what these products are all about. Home Server and ReadyNAS are going a different route, combining the backup focus with features like media serving, Web sharing, and more. This tends to raise their price somewhat, so weigh the value of these features carefully before buying.

For the business crowd, we've got HP's StorageWorks All-in-One 400t; a mini-tower four-disk platform that runs on Windows Storage Server 2003 R2. It's a winning combination of Microsoft integration and iSCSI flexibility for SMBs looking to expand their storage options.

In This Roundup:

Apple Time Capsule
Apple has done a fine job of building an easy way for Leopard users to perform Time Machine backups over the network, but don't expect advanced NAS features.



Buffalo LinkStation Pro Duo (LS-WTGL/R1)
The Buffalo LinkStation Pro Duo (LS-WTGL/R1) is a functioning NAS box, but it is ill-suited to serving multimedia in the home, and it lacks the features and reliability needed for SMB file serving. This is a device in need of additional software engineering.



HP's StorageWorks All-in-One 400t
The HP StorageWorks AiO400t is a super choice for businesses wanting storage that can grow with their needs. It's pricey and requires expertise to install and maintain, but it sets the standard for business-class NAS devices.



Netgear's ReadyNAS Duo
This scaled-down version of the business-friendly ReadyNAS NV+ is pricey. But it performs well and has plenty of power, flexibility, and features that should please home users.

Opini Saya :
jdlskaj dlasjd lasjdl asdljas dald
sjkd lasjdlasj dlasjkd

erindpunya mengatakan...

Selasa, 08/04/2008 10:42 WIB

Indonet Ikutan Blokir YouTube
Dewi Widya Ningrum - detikinet

Jakarta - Pelanggan Indonet kini tidak bisa mengakses situs berbagi video YouTube. Indonet, salah satu penyedia layanan internet (ISP) di Indonesia, resmi memblokir YouTube per Senin, 7 April 2008 lalu.

Pernyataan pemblokiran tersebut diumumkan Indonet melalui situs resminya yang beralamat di http://indo.net.id. Dalam pengumumannya, ISP tersebut menyatakan bahwa pelanggan Indonet tidak diizinkan mengakses YouTube untuk sementara waktu sehubungan dengan surat 'ultimatum' yang dikirimkan Kominfo kepada para ISP di Indonesia.

OPINI SAYA :
Kenapa juga YouTube harus diBlokir?? toh..tidak semua isi dari YouTube itu 'negatif'..
Dengan ditutupnya youtube.. saya nggak bisa download VideoClip lagi donk..!!
hhe..

Nama : Erini Ramita
NIM : 205140008

aisyah mengatakan...

Selasa, 8 April 2008 | 16:19 WIB

Network Access Control
by : Alvino - info komputer

Sophos Endpoint Security and Control 8.0 telah dilengkapi teknologi Network Access Control (NAC) dan menempatkannya di atas solusi antivirus yang reaktif dan proaktif serta menawarkan perlindungan pencegahan yang lengkap bagi komputer untuk bisnis.

Penawaran Sophos ini menggabungkan anti virus, anti spyware, host intrusion prevention, kontrol aplikasi, firewall, dan NAC untuk memblok virus dan spywareserta memastikan komputer menjalankan piranti lunak yang legal sesuai dengan kebijakan perusahaan. Sehingga dapat memberikan keyakinan administrator bahwa semua komputer yang berada dalam jaringan mereka memiliki patches keamanan terbaru dan hanya menjalankan piranti lunak legal.

Dengan menggabungkan NAC dan perlindungan keamanan endpoint, penawaran sophos terbaru memudahkan instalasi dan memungkinkan adopsi teknologi. Serta dapat juga melindungi berbagai macam sistem operasi Windows, Mac, Linux, dan Unix.

Opini Saya :
Sophos Endpoint Security and Control 8.0,boleh juga tuh untuk dicoba!!! walaupun saya belum pernah mendengarnya apalagi mencobanya setidaknya komputer saya akan sedikit terbebaskan dari masalah yang namanya VIRUS2 bandel. Ya sudah selamat mencoba yah!!!

ivan kurnia mengatakan...

Internet dengan HP CDMA

Author: Putra | Published: 8th April 2008

Zaman sekarang dibilang orang zaman internet.
Apa-apa dari internet.
Banyak yang bisa kita lakukan dengan internet.

Misalnya, kita bisa surat-suratan sama teman kita di negara lain menggunakan email.
Banyak penyedia account email gratis seperti gmail.com atau mail.yahoo.com yang nyediain kapasitas sampai bergiga-giga.
Bagi yang mo nyari artikel tinggal search aja di google atau dari wikipedia
Mo belanja bisa di amazon atau di bhinneka
Bagi yang mo jualan via internet juga bisa.

Cara memasuki dunia maya pun macam-macam. Kita bisa pergi ke warnet. Ke tempat-tempat yang nyediain hotspot. Dari rumah pun bisa, tinggal colok kabel telepon.

Bahkan dari HP pun bisa. Apalagi tarif internet dari operator-operator telepon makin murah aja.
Contohnya ni ya.. Dulu Starone yang post paid (Pasca Bayar) tarifnya Rp 200.000 untuk pemakaian 1 GB sekarang dah turun, jadi Rp 100.000 per 1 Giga.

Untuk Starone yang Pre paid (Pra Bayar),
Untuk yang Volume Based : Rp 1/ kb
Untuk yang Time Based : Rp 75/ menit.

opini :
nah... buat rekan2 yang ga bisa lepas dari internetan!!tapi kamu mesti punya HP dulu, yang CDMA dong tentunya. Karena kita mo
make operator CDMA seperti Starone ato Telkom Flexi.HP km mesti ada slot tuk kabel datanya,karna koneksi ke komputer dengan kabel data.slamat mencoba ya...

ivan kurnia - 205140049

DoWeR mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
DoWeR mengatakan...

Konsep Dasar WLAN

Author: Denny Charter 08 april 08

Teknologi Wireless LAN menjadi sangat popular saat ini di banyak applikasi. Setelah evaluasi terhadap teknologi tersebut dilakukan, menjadikan para pengguna merasa puas dan meyakini realiability teknologi ini dan siap untuk digunakan dalam skala luas dan komplek pada jaringan tanpa kabel.

Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Sinyal radio menjalar dari pengirim ke penerima melalui free space, pantulan, difraksi, Line of Sight dan Obstructed LOS. Ini berarti sinyal radio tiba di penerima melalui banyak jalur (Multipath), dimana tiap sinyal (pada jalur yang berbeda-beda) memiliki level kekuatan, delay dan fasa yang berbeda-beda.

Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan, namun sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point diluar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge.

Wireless LAN di desain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa di optimalkan pada lingkungan yang berbeda. Dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

opini saya:
bagi kamu2 yang punya notebook ato poket pc yang ada fasilitas wirelessnya, bisa tuh ngeNET gratisan di tempat mana aja yang ngasih fasilitas hotspot... asik kan tuh...

nama : fajar nugroho
nim : 205140016

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ernst Kanemoto mengatakan...

"CISCO dan EMC mengumumkan pencegahan kebocoran data kepada partnershipnya."
By Ellen Messmer , Network World , 04/07/2008.

Pada hari senin cisco bergabung dengan EMC untuk technology core yang akan membolehkan cisco untuk menambah footprint pada arena pencegahan kebocoran data.

Selama mengikuti cisco security editor dan analisis disini sebagai pembukaan konferensi RSA, Cisco CTO Robert Gleichauf mengatakan bahwa kolaborasi dengan EMC dan RSA Security Division of EMC akan membiarkan Cisco mengintergrasikan DLP content Monitoring kedalam salah satu Cisco produk.

Sementara tidak ada spesifik deadline yang sedang diberikan, produk pertama adalah mengharapkan untuk menjadi point akhir perlindungan produk Cisco Security agent, dimana EMC bisa co-market dengan Cisco.

Cisco juga mengatakan kerjasama dengan EMC dapat juga membawa DLP menjadi digunakan dalam infrastruktur jaringan Cisco yang dalam kedepannya digunakan sebagai salah satu cara untuk memonitor traffic secra real time dan memblock isi data yang tidak sah atau tidak dikenal.

Opini Saya:
Sangat bagus sekali jika Cisco mengeluarkan produk yang menambah perlindungan terhadap kebocoran data. Dimana selama ini Cisco dikenal sebagai Security Agent dalam dunia network yang sangat handal.
tetapi, pastinya produk terbaru yang dikeluarkan Cisco ini akan sangat mahal.

Oleh:
Harry Purnomo
(206140003)

Anonim mengatakan...

Internet Masa Depan 10.000 Kali Lebih Cepat?
Fino Yurio Kristo - detikinet
Senin, 07/04/2008 16:51 WIB

Perkembangan teknologi kembali membawa kemungkinan menakjubkan. Sebuah teknologi bernama 'Grid' diklaim 10.000 kali lebih cepat daripada koneksi broadband internet yang ada sekarang. 'Grid' pun digadang-gadang akan menggantikan internet di masa depan.

'Grid' disebut mampu mengunduh video film hanya dalam hitungan detik. Memang sulit dipercaya, namun 'Grid' ini dibesut oleh CERN, pusat penelitian ilmiah terkemuka Eropa yang dulu juga berjasa amat besar dalam mengembangkan World Wide Web.

Seperti dikutip detikINET dari Telegraph.co.uk, Senin (7/4/2008), teknologi 'Grid' juga diklaim mampu mengirimkan gambar kualitas sangat tajam dengan cepat, game online secara bersamaan dengan jutaan pemain serta video telepon dengan ongkos murah.

David Britton, profesor di Glasgow University yang memimpin penelitian menyatakan, 'Grid' bisa mengubah kehidupan masyarakat. Dengan kekuatan teknologinya, generasi masa depan akan berkomunikasi dengan cara yang tak terbayangkan oleh generasi masa kini.

Untuk awalnya, kecanggihan teknologi itu akan dipertunjukkan tak lama lagi dalam menginvestigasi terjadinya alam semesta. Adapun jaringan awal terdapat di berbagai negara termasuk Inggris, Amerika dan Kanada, yang terhubung dengan laboratorium CERN.

Sampai saat ini menurut CERN, sebanyak 55.000 server telah dimanfaatkan dalam pengembangan 'Grid', dengan perangkat fiber optik dan routing tercanggih. Kita tunggu saja apakah benar 'Grid' nantinya memang akan merevolusi pemakaian internet. ( fyk / fyk )

opini saya:
dengan makin cepat nya pertumbuhan teknologi,makin efisien dalam pengiriman data.dan memungkin kan kurang nya pekerja manusia dibutuhkan,jadi untuk menghadapi pesat nya pertumbuhan ekonomi kita harus meningkatkan sumber daya manusia kita.keren internet makin cepat oooiiii....

Nama : Feris E Hutagalung
Nim : 202140035

dapur-informasi mengatakan...

Sierra Wireless AirCard 875 menghubungkan PC dan Mac seri lama ke jaringan HSDPA dari berbagai jaringan seluler berkecepatan tinggi yang saat ini berlomba-lomba menyediakan layanan tersebut. Meskipun demikian, peruntukan kartu jaringan nirkabel ini tentu utamanya untuk mendukung kebutuhan koneksi internet dengan mobilitas tinggi. Kemanapun dan dimanapun pemakai laptop berada, ia dapat menikmati internet selama di area tersebut mendapatkan sinyal yang cukup dari penyedia jaringan HSDPA yang digunakan.

Kinerja
Spesifikasi HSDPA saat ini memungkinkan kecepatan sebesar 3,6Mbps downstream dan 384Kbps upstream. Cukup kencang meskipun pada kenyataannya nanti tentu kecepatan ini tergantung load jaringan pada saat itu.
Ketika membandingkan AirCard 875 dengan AirCard 875U USB dan Option GT Max HSDPA pada Windows XP dan Vista, kami menemukan kinerja AirCard 875 menunjukkan kecepatan yang sangat baik. Hanya saja, data rates AirCard 875 sedikit lebih lambat dibanding 2 lainnya. Pada ujicoba perbandingan ketiga kartu modem wireless yang kami lakukan, kecepatan download yang ditunjukkan AirCard 875 rata-rata sebesar 878 Kbps dengan kecepatan puncak 1,51 Mbps, sementara kecepatan upload sebesar 284 Kbps.
Pada kedua modem lainnya, kecepatan download rata-rata berkisar pada angka 350 Kbps. Latency pada kedua kartu pembanding juga sangat mirip. Sehingga dapat dikatakan kinerja kedua modem tersebut hampir sama. Namun demikian, salah satu dari 2 modem tersebut mengalahkan AirCard 875 pada 30 ujicoba download dari 36 ujicoba yang dilakukan. Untuk hal ini, AirCard 875 menunjukkan tingkat penerimaan yang kurang lebih sama dengan AirCard 875U USB.
AirCard 875 beroperasi pada frekwensi 850, 1800, 1900 dan 2100 MHz. Dengan jangkauan tersebut AirCard 875 dapat digunakan diseluruh dunia. Ketika tidak dapat menemukan sinyal HSDPA, AirCard 875 tetap berusaha menyediakan koneksi internet dengan memanfaatkan jaringan EDGE. Jika kondisi berubah seperti itu, kami menyarankan Anda untuk menghubungkannya ke ponsel ketimbang laptop karena menggunakan jaringan EDGE pada laptop terkadang menimbulkan speaker pada laptop mengeluarkan suara mendengung yang muncul secara periodik. Mengingat semua operator penyedia jaringan HSDPA saat ini berlomba-lomba menggaet lebih banyak pelanggan, kualitas yang ditawarkan juga makin baik sehingga dapat dikatakan hilangnya sinyal HSDPA yang menyebabkan sinyal beralih ke EDGE sangat jarang terjadi.
Dengan mempertimbangkan luasnya frekwensi yang didukung, kami memutuskan untuk memilih AirCard 875 dan mencobanya pada saat melakukan kunjungan ke Barcelona. Tanpa melakukan konfigurasi ulang, kami mendapatkan kecepatan diatas 300 Kbps dengan kecepatan puncak sebesar 650 Kbps. Tidak secepat pada saat menggunakannya di rumah, tetapi kami tetap mendapatkan sinyal HSDPA dengan baik.
Kesimpulan
Sierra AirCard 875 merupakan pilihan yang baik untuk koneksi internet berkecapatan tinggi pada laptop. Meskipun pada AirCard 875U USB Anda akan menemukan tambahan fleksbilitas karena port yang digunakan adalah USB, AirCard 875 justru tidak akan merepotkan Anda dengan rutinitas pasang-copot pada saat sebelum dan setelah penggunaan karena Anda hanya perlu memasang AirCard 875 sekali saja pada slot PCMCIA dan tidak perlu melepasnya lagi, mengingat saat ini hampir tidak ada piranti lain yang menggunakan slot PCMCIA. Lain halnya dengan port USB yang sangat sibuk melayani berbagai berbagai piranti.

Opini saya :
Sangat bagus, mempermudah dan memberikan ke nyamanan dalam menggunakan internet dengan layanan wireless, dengan kecepatan koneksi yang tinggi pada laptop tetapi mendapatkan sinyal HSDPA dengan baik....hebat ya.....

Nama : Muhammad Hudzaifi
Nim : 205140030

Anonim mengatakan...

Belkin adalah vendor pertama yang mengeluarkan router yang berbasiskan standar 802.11n bahkan sebelum spesifikasi resminya dikeluarkan. Produk-produknya disebut Pre-N. N1 adalah produk pertama Belkin yang menawarkan standar 802.11n.
Anda akan mendapatkan performa terbaik dan jangkauan yang luas dengan menggunakan N1. Dengan menggunakan PC card standar 802.11g Intel mini-PCI di notebook yang kami gunakan, kami mendapatkan kecepatan 17 Mb/sec dari jarak 10 m. Akan tetapi jika menggunakan sebuah PC card N1, secara otomatis kecepatan melonjak hingga 31 Mb/sec.
Pada jarak yang jauh (sekitar 20 m dan berbeda ruangan), N1 dapat menawarkan kecepatan 18 Mb/sec antara Belkin PC card – kecepatan ini sudah cukup buat high-definition video. Jika menggunakan sebuah standar 802.11g adapter, kecepatan turun menjadi 13 Mb/sec. Jarak jangkauan yang tidak dapat ditangani PC card N1 sekitar 30 m.
Pada umumnya desain N1 tidak terlalu berbeda dengan pendahulunya Pre-N, yang membedakannya terletak pada cat yang membalutnya. N1 memiliki warna hitam yang mengkilap. Lalu adanya backlit icons yang baru, yang menerangkan status pekerjaan N1.
Tidak ada yang berubah dari interface-nya, akan tetapi berkat setup wizard yang baru di CD menawarkan kemudahan mengoneksikan N1 dengan ISP dan mengatur setingan nirkabel. Yang menurut saya ganjil, tidak adanya pengaturan untuk memberi password, sehingga N1 membiarkan sistem terbuka dengan luar. Untungnya, N1 didukung dengan WPA2 yang bekerja sebaik WPA dan WEP.
Perlindungan yang ditawarkan meliputi MAC address filtering, cloning dan cliet IP contol, tapi tidak dengan URL filtering. Hal ini dimungkinkan dengan adanya pilihan QoS dan dukungan UpnP. Anda dapat mematikan fungsi NAT dan menggunakan N1 hanya sebagai sebuah access point. DNS yang dinamis pun didukung oleh www.dyndns.com, menawarkan Anda menggunakan sebuah nama domain yang sama walaupun Anda tidak memiliki sebuah IP address yang tetap.
Kesimpulannya, N1 menawarkan kecepatan yang sangat baik dan memiliki jangkauan yang luas layaknya router dengan standar N pada umumnya. Router ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kecepatan tinggi pada jaringan nirkabel.
Detail Specifications :

Data Rates Up to 300 Mbps in 40MHz Channel Mode
Radio Signal Type 802.11b/g/n
Encryption WPA, WPA2-Personal, 64-bit/128-bit encryption
Standards Protocol IEEE 802.11b , IEEE 802.11g , IEEE 802.11n draft*

Opini saya:
Dengan menawarkan kecepatan yang sangat baik dan memiliki jangkauan yang luas layaknya router dengan standar N pada umumnya. Router ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kecepatan tinggi pada jaringan nirkabel,, canggh ga tuh…….

Nama : Bahari Kacaribu
Nim : 205140045

bowo mengatakan...

judul :mengapa jaringan perlu d monitor?
sumber : beritanet.com

Mengapa Jaringan Perlu Dimonitor?
Meskipun ada banyak alasan untuk memonitor jaringan, dua alasan utama adalah memperkirakan perubahan untuk masa depan dan mendeteksi perubahan yang tak terduga pada jaringan. Perubahan yang tak terduga bisa meliputi hal seperti router atau switch yang tidak berfungsi, hacker mencoba mendapatkan akses ke jaringan, atau kesalahan jalur komunikasi. Tanpa kemampuan untuk memonitor jaringan, administrator hanya dapat bereaksi terhadap masalah pada waktu mereka muncul, bukannya lebih dulu mencegah masalah supaya tidak terjadi.

Memonitoring Wide Area Network menggunakan banyak cara yang sama seperti pada Local Area Network. Salah satu perbedaan utama antara WAN dan LAN adalah penempatan fisik peralatan. Penempatan dan penggunaan tool monitoring menjadi sangat penting bagi operasional Wide Area Network yang tidak boleh terganggu.

opini saya : jaringan adalh perangkat penting untuk internet.internet sangat perlu unk masyrakat.jaringan dpat terganggu dari beberapa hal.jd jaringan sagatlah perlu untuk dmonitoring.

Nama : Julianto Prabowo
Nim : 205140044

dila mengatakan...

Perkembangan Teknologi EDGE Di Indonesia Dan Perkembangannya pada Masa Depan

dari:wikipedia

Di Indonesia, teknologi EDGE sudah berkembang selama beberapa tahun sejak tahun terakhir EDGE. Perkembangan teknologi GSM di Indonesia bergulir secara pesat dimulai dengan penggelaran secara serempak dual band (GSM 900 dan 1800) dan dilanjutkan penggelaran GPRS secara serempak, telah berhasil menghantar industri memasuki fase 2,5 secara tidak terasa. Belum lama teknologi 2,5G bergulir, lahirlah teknologi 3G yang membawa revolusi dalam teknologi seluler Indonesia. Beberapa provider di Indonesia, seperti Indosat, Telkomsel, dan Excelcomindo berlomba- lomba menciptakan inovasi baru dengan mengusung teknologi 3G. Banyak masyarakat indonesia terutama bagi mereka yang tinggal di kota besar deperti Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya yang menggunakan berbagai layanan 3G yang tersedia seperti panggilan video, download content, akses internet kecepatan tinggi, dll.

Setelah kurang lebih 2 tahun diperkenalkan 3G di Indonesia sekarang sudah muncul evolusi dari 3G yang dikenal dengan nama HSDPA atau 3,5G. HSDPA atau High Speed Downlink Packet Access merupakan teknologi yang berjalan pada platform 3G pada channel baru yang disebut High Speed Downlink Shared Channel (HS-DSCH). Dengan HDSPA, kecepatan downlink secara teori dapat mencapai 3,6 Mbps bandingkan dengan 3G yang hanya mencapai 384 Kbps. Karena masih berjalan pada platform 3G namun dengan kecepatan melampaui kecepatan 3G standar maka teknologi ini disebut juga sebagai 3,5G. Sebenernya perkembangan teknologi HSDPA pada 3G hampir mirip dengan perkembangan teknologi EDGE atau Enhanced GPRS (EGPRS) pada GPRS. Perlu diketahui, EDGE memiliki kecepatan downlink mencapai 236 Kbps, cukup cepat jika dibandingkan dengan GPRS standar yang memiliki kecepatan sekitar 50 Kbps. Karena hal tersebut pula teknologi EDGE atau EGPRS juga dikenal dengan nama teknologi 2,75G.

opini :Pada saat ini provider di Indonesia sudah mulai berkembang untuk teknologi dengan kita mengakses internet lewat 3G walaupun hanya di kota besar,,,

saya berharap dimasa yang akan datang akan lebih berkembang....

Dila Erlangga(205140047)

eGIE mengatakan...

4G
dari : Wikipedia.com

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada pengembangan teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond".

Teknologi 4G adalah istilah serapan dari bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pengembangan teknologi telepon seluler.

Teknologi 4G di Indonesia

Secara sederhana, dapat diartikan bahwa teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN yang menggunakan seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN. Indonesia secara umum pada saat ini baru memasuki tahap 2.5G. Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony[1] yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephony over Internet Protocol. Teknologi tersebut banyak di perdebatkan oleh operator, pemerintah dan DPR belakangan ini. Tidak lama lagi internet telephony akan menjadi tulang punggung utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan mungkin tanpa kontrol pemerintah sama sekali. Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari identifikasi telepon. Bagian besarnya akan dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi perlu bergantung pada nomor telepon yang dikendalikan oleh pemerintah untuk berkomunikasi via internet-telepon. Infrastruktr internet telephony memungkinkan kita untuk menyelenggarakan sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi pemerintah dan tidak melanggar hukum. Teknologi 4G juga akan menyebabkan kemunduran bagi teknologi Internet Network (IN) yang saat ini merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan berbagai provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya jalur arus bawah yang dapat didownload dan diakses gratis dari internet.


Opini : Menurut saya sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya,,,Saya harap perkembangan teknologi di Indonesia khusunya dalam jaringan pengiriman data semakin maju dan berkembang amien.....

Egi Rediansyah
205140054

Tanty mengatakan...

by : Onno W. Purbo (onno.vlsm.org)

Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio

Dalam sebuah perusahaan besar, bagian satu dan lainnya umumnya tidak terletak dalam satu gedung dan terpisah jarak yang cukup jauh. Pengiriman informasi berupa data dan laporan antara kantor pusat dengan cabang di daerah memegang peranan sangat penting dalam menjaga kelancaran kerja. Beberapa cara dapat digunakan untuk mengirim data jarak jauh. Hubungan telepon, radio dan satelit dapat digunakan untuk mengkaitkan berbagai jaringan lokal di berbagai perkantoran dalam sebuah jaringan komputer yang meliputi wilayah yang sangat luas. Di Indonesia saat ini para operator amatir radio mungkin dapat merupakan contoh dalam pemanfaatan secara aktif jaringan komputer wilayah luas yang terhubung secara internasional.
Dengan dibantu oleh mesin pintar komputer, pengiriman data dan laporan dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Kemungkinan untuk ini akan terbuka dengan mengkaitkan komputer satu dengan lainnya. Dalam sebuah gedung, pengkaitan komputer umumnya dilakukan melalui sebuah kabel khusus. Beberapa metoda dapat digunakan untuk mengkaitkan berbagai komputer di sebuah gedung, antara lain dikenal sistem Arcnet, Ethernet dan Token Ring. Sistem-sistem ini dikenal sebagai jaringan komputer lokal (LAN).

Opini Saya :
Menurut saya, ide ini sangat bagus, karena dapat lebih mempercepat proses pengiriman antar cabang dari gedung satu ke gedung lainnya. Ini juga lebih terjangkau & lebih irit.

Nama: Tanty
NIM: 205140012

Aldion mengatakan...

detikiNet » Telecommunication
Rabu, 09/04/2008 08:25 WIB

Tarif Akses Internet Turun
Achmad Rouzni Noor II - detikinet



ilustrasi (inet)

Jakarta - Tarif ritel internet akan turun dalam waktu dekat menyusul diberlakukannya penurunan tarif sewa jaringan melalui Peraturan Menteri Kominfo No. 3//2007.

Saat ini, pemerintah dan regulator masih menunggu dokumen penawaran dari 13 penyelenggara jaringan lagi setelah sebelumnya Telkom, Indosat, Excelcomindo Pratama, Indonesia Comnet Plus, dan Artha Telekomindo telah mengumpulkan dokumen.

Menurut Kabag Umum dan Humas Ditjen Postel Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, baru Telkom yang telah disetujui penawaran penurunannya melalui Keputusan Dirjen Postel No.115/2008.

"Dengan adanya pemberian persetujuan terhadap jenis layanan dan besaran tarif sewa jaringan milik Telkom, maka terjadi penurunan besaran tarif sewa jaringan dari besaran tarif eksisting," kata Gatot dalam rilisnya, Rabu (9/4/2008).

Dalam dokumen penawarannya, Telkom menurunkan tarif sewa jaringan dengan kisaran 47% sampai 81%, tergantung jarak sambungan. Sebagai contoh, dengan biaya instalasi berjarak 20 km, dari sebelumnya Rp 13.106.000, kini menjadi 2,450,000 atau turun 81%.

opini :saya sangat setuju dengan akan diturunkannya tarif ritel internet,karena akan sangat membantu para pengguna internet terlebih lagi saya sebagai pemakai setia internet

M.Aldiona Akbar
205140048

Dinni mengatakan...

detikiNet » Telecommunication
Rabu, 09/04/2008 09:05 WIB

Tarif Sewa Jaringan Indonesia Masih Lebih Mahal
Achmad Rouzni Noor II - detikinet


Jakarta - Meski pemerintah telah menurunkan tarif sewa jaringan--yang akan berimbas pada penurunan tarif ritel internet--namun, tarif yang ditawarkan masih lebih mahal dibandingkan India.

Kabag Umum dan Humas Ditjen Postel Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, mengakui hal tersebut jika membandingkan penurunan tarif yang ditawarkan Telkom. Menurutnya, dari 17 penyelenggara jaringan lainnya, baru penawaran Telkom yang disetujui melalui Keputusan Dirjen Postel No.115/2008.

Dari tarif yang ditawarkan untuk biaya instalasi, Telkom secara rata-rata memang masih lebih mahal dibanding India, namun lebih murah dibanding negara lain. Telkom menawarkan tarif rata-rata Rp 2.400.000 untuk tarif sewa mulai dari jarak terdekat sampai terjauh . Sedangkan India Rp 233.976, Thailand Rp 8.515.920, Singapura Rp 9.793.170 dan Australia Rp 64.519.616

Sebagai contoh, untuk biaya instalasi mulai dari terdekat sampai terjauh (5 km hingga lebih dari 500 km), Telkom menawarkan tarif sewa Rp 2.450.000 sampai Rp 15.150.000. Sedangkan India, untuk jarak yang sama, menawarkan tarif Rp 331.778 hingga Rp 16.573.300. Sementara, Thailand (Rp 13.909.336 - Rp 35.199.136), Singapura (Rp 26.115.120 - Rp 26.115.120), dan Australia (Rp 18. 343 - Rp 105.685.369)

"Dari perbandingan di atas nampak realitanya tarif sewa jaringan di Indonesia berada di atas India, akan tetapi masih berada di bawah negara lainnya," kata Gatot dalam keterangannya, Rabu (9/4/2008).

Dijelaskan, India bisa lebih murah karena tingkat biaya WACC (Weighted Average Cost of Capital)-nya lebih rendah karena jaringan yang dibangun hanya menggunakan kabel serat optik darat saja (Inland Fiber Optic Cable). "Bukan dengan kabel laut SKKL (Inmarine Fiber Optic Cable), sehingga biaya investasinya lebih rendah," Gatot menjelaskan.

Setelah masyarakat mulai menikmati penurunan tarif ritel telekomunikasi akibat penghitungan ulang biaya interkoneksi yang cenderung mengalami penurunan, maka penurunan besaran tarif sewa jaringan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan akses internet, khususnya internet domestik mengingat tarif akses internet pun juga menjadi turun.

Penurunan besaran tarif sewa jaringan, menurut Gatot, juga dapat meningkatkan penggunaan bandwidth oleh penyelenggara jasa internet. "Jadi sama-sama untung,

opini: menurut saya, sebaiknya tarif sewa jaringan di indonesia harus segera diturunkan,karena memiliki dampak yang sangat buruk bagi perkembangan jaringan di indonesia

Dinni Destiana Putri
205140004

Lina mengatakan...

Tarif Internet Leased Line Telkom Turun Antara 46-81 Persen

JAKARTA, SELASA – Setelah penurunan tarif telekomunikasi, giliran tarif Internet yang digarap pemerintah untuk mendorong peningkatan penetrasi ICT (information and communication technology) di masyarakat.
Penurunan tarif Internet yang signifikan terutama akan dirasakan para pelanggan sewa jaringan (leased line) dalam waktu dekat dan diharapkan dapat menurunkan tarif akses Intrenet hingga ke pengguna akhir.

Penyedia jaringan yang dipastikan segera menurunkan tarif sewa jaringan adalah PT Telkom. Dirjen Postel telah menerbitkan surat Nomor 115 tahun 2008, Senin (7/4), yang menyetujui penurunan tarif sewa jaringan (leased line) Internet yang diajukan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Penurunan tarif berkisar antara 46-81 persen sesuai jarak.

Dengan skema tarif baru, ditetapkan biaya instalasi sebesar Rp2,4 juta baik sewa jaringan hingga 5 kilometer maupun lebih dari 500 kilometer. Sewa jaringan antara 5 hingga 20 kilometer dikenai biaya langganan sebesar Rp2,45 juta/bulan atau turun 81 persen dari sewa eksisting yang mencapai Rp13,106 juta/bulan. Untuk sewa jaringan antara 25-100 kilometer dikenai biaya langganan Rp6,9 juta atau turun antara 47-83 persen.

Sementara, untuk 150 dan 200 kilometer dikenai Rp8,55 juta atau turun 79 persen dari tarif sebelumnya, Rp44,776 juta. Lebih dari 250 kilometer, dikenakan tarif Rp15,150 juta atau turun 69 persen dari tarif sebelumnya Rp48,336 juta.

“Penurunan besaran tarif sewa jaringan dimaksud diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan akses Internet khususnya Internet domestik mengingat tarif akses internet pun menjadi turun,” demikian pernyataan yang diriis dalam situs resmi Direktorat Jendral Pos dan Telekomunikasi. Penurunan besaran tarif sewa jaringan itu juga akan meningkatkan penggunaan bandwidth oleh penyelenggara jasa Internet.

Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, tarif yang ditetapkan Telkom masih lebih rendah dibandingkan Australia, Singapura, dan Thailand. Untuk biaya instalasi misalnya, Communication Authority di Thailand menetapkan standar tarif sekitar Rp8,5 juta, SingTel Singapura Rp9,8 juta, dan Telstra Australia Rp64,5 juta. Begitu pula dengan tarif per bulannya. Namun, besaran tarif sewa jaringan masih kalah dengan India. BSNL di negara tersebut tersebut hanya mengenakan biaya instalasi sekitar Rp233.976 saja dan biaya bulanan antara Rp331.778 hingga Rp16.573.300.

Opini: dengan menurunnya tarif akses internet sudah sangat bagus, dengan begitu para penyewa jaringan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengakses internet lebih lama di masa ekonomi sulit seperti sekarang ini.

Nama: Lina
NIM: 205140025

indah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Acim mengatakan...

Topologi Peer-to-peer Network
sumber : wide university japan.


Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.

Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.

Opini saya,
Dalam peer to peer network, kita dapat menggunakan program, data dan printer secara bersama-sama dalam suatu jaringan peer to peer.

Abu Hafshin
205140021

Lenny mengatakan...

Cracker berusia 18 tahun Bobol 1,3 Juta Komputer
Rabu,2 April 2008

WELLINGTON - Seorang anak SMA di Selandia Baru terbukti membobol 1,3 juta komputer di berbagai belahan dunia dan menyebabkan kerugian hingga 20 juta dollar AS. Namun, hakim membebaskannya dari hukuman penjara karena anak tersebut diketahui menderita autis berat.
Owen Thor Walker (18), demikian nama cracker tersebut, memimpin jaringan kriminal maya untuk melakuka aksinya itu. Saat ditangkap tahun lalu, polisi menyebut anak yang menggunakan nama Akill di Internet itu sudah melakukan aksinya sejak di sekolah beberapa tahun lalu.
Ia mendesain program terenkripsi yang tidak terdeteksi antivirus dan program keamanan sejenis. Software jahat tersebut akan menyusup ke komputer korban dan mencuri data-data kartu kedit pemiliknya saat mengetikkan login dan password untuk mengkases layanan penjualan online.

Kegiatan kriminalnya baru diketahui ketika 50.000 komputer disusupi dan menyebabkan server di Universitas Pennsylvania di AS tahun 2006. Polisi Selandia Baru harus bekerja sama dengan polisi Belanda dan agen Federal Bureau of Investigation (FBI) untuk mengusut jaringan kriminal global ini.

Anak muda itu dituntut enam pasal kriminal komputer di pengadilan Thames, dekat rumahnya di selatan Auckland. Meski ancaman hukumannya bisa penjara lima tahun, hakim tidak melakukannya dengan alasan pelakunya menderita sindrom Asperger, salah satu bentuk autisme.(CNN/WAH)

Opini: Ternyata perkembangan teknologi komputer di dunia sudah sangat maju, tetapi ada dampak negatifnya,terbukti dari berita di atas yg saya dapatkan dari situs www.chip.com
Sebenarnya teknologi itu tidak salah, tetapi manusianyalah yang menyalahgunakan teknologi yang sudah maju seperti skrng ini.

Nama: Lenny
NIM: 205140055

Yola mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yola mengatakan...

Rabu, 9 April 2008
Jaringan Komputer Speedy Terputus??

Speedy adalah layanan akses internet kecepatan tinggi berbasis teknologi ASDL (Asymetric Digital Subscriber Line), dimana layanan ini memungkinkan pengguna Telkom menikmati akses internet sampai 384Kbps melalui saluran telepon biasa.

Jakarta - Sejak tengah malam tadi hingga pagi ini, sejumlah pelanggan Speedy di Jakarta melaporkan mengalami kelambatan atau bahkan putus total.

Opini : Gencarnya pemasaran speedy tidak diikuti dgn kualitas koneksi dan dukungan teknis yg baik. Buat apa murah tp down/lelet mulu apalagi sering over billing. ngakunya hingga 384kbps tp realnya kadang telkomnetpun jauh lebih kencang (tergantung jumlah subscriber di satu area, makin banyak ya makin leletlah)

Nama :Marsha Yolanda P
NIM : 205140036
Sumber : www.detikinet.com

Mas Aji mengatakan...

Network bridge
From Wikipedia, the free encyclopedia
Jump to: navigation, search


Suatu jembatan jaringan menghubungkan berbagai segmen di layer data link menghubungkan ( layer 2) tentang OSI model, dan istilah layer 2 tombol adalah sering digunakan dengan dapat ditukarkan dengan jembatan. Jembatan adalah serupa ke pengulang atau poros/pusat kegiatan jaringan, alat yang menghubungkan segmen jaringan di lapisan phisik, bagaimanapun suatu jembatan bekerja dengan pedoman menggunakan penghubung dimana lalu lintas dari satu jaringan diatur hanya menyiarkan kembali ke segmen jaringan yang bersebelahan. Di dalam Ethernet Jaringan, istilah " jembatan" secara formal berarti suatu alat yang bertindak menurut IEEE 802.1D standard
Karena penghubung berlangsung di lapisan mata rantai data OSI model, suatu jembatan memproses informasi [itu] dari bingkai masing-masing data [itu] menerima. Di (dalam) suatu Ethernet membingkai, ini menyediakan MAC alamat [itu] tujuan dan sumber bingkai. Jembatan menggunakan dua metoda untuk memecahkan segmen jaringan [itu] yang suatu MAC menunjukkan rasa memiliki .

* Penghubung transparan- Metoda ini menggunakan suatu bingkai untuk menyampaikan database ke seberang segmen jaringan.Penyampaian database pada awalnya kosong dan isi database dibangun ketika jembatan menerima bingkai. Jika dalam menyampaikan suatu database tidak ditemukan , bingkai akan memberitahukan ke awal jembatan. Atas pertolongan bingkai ini, tujuan jaringan akan menjawab, dan rute akan terjadi. Jembatan boleh juga merekam suatu luas bidang yang metric untuk menghindari pengulangan. Alat penghubung yang mempunyai kemampuan yang transparan ini disebut juga sebagai jembatan adaptip.


Opini :
Jika tidak ada bridge (Jembatan) dalam sebuah jaringan ini, maka akan terjadi kekacauan dalam pengiriman data (database, gambar, dll). Disini peran frame (Bingkai) sangat diperlukan oleh bridge. Tanpa adanya frame, maka tidaka akan keatuahun apakah alamatnya ada atau tidak. Begitu pak

Nim : 205140003
Nama : Panji Arya Sanjaya

Yanwar mengatakan...

Jepang Siapkan Teknologi Penerus Internet
by : Tokyo News

Sumber : INFOKOMPUTER.com
Kamis, 30 Agustus 2007 | 11:39 WIB

Nim : 205140053
Nama : Yanuar Hamzah

Yoshihiro Onishi, direksi di kementrian komunikasi Jepang mengatakan, teknologi jaringan penerus Internet diharapkan dapat diterapkan mulai tahun 2020. Salah satu faktor yang membuat Internet berkembang begitu pesat adalah arsitekturnya yang terbuka dan fleksibel. Namun, hal itu pula yang menyebabkan informasi sampah bebas bertebaran khususnya dari para pengirim spam dan hackerr bebas berkeliaran di dunia maya. "Internet hampir mencapai limit, Penelitian terhadap teknologi seperti ini sangat dibutuhkan ," ujar Onishi. Langkah tersebut sejalan dengan sejumlah ilmuwan di dunia yang mulai menyadari bahwa jaringan yang benar-benar baru sangat dibutuhkan di saat kapasitas Internet sudah tak dapat ditingkatkan.

Jaringan baru nantinya mungkin berjalan paralel dengan jaringan Internet yang ada saat ini atau bahkan menggantikan seluruhnya. Salah satu riset juga diarahkan untuk melakukan evaluasi terhadap arsitektur yang saat ini dipakai. Selain itu, para ilmuwan tengah menjajaki teknologi agar jaringan membutuhkan energi lebih kecil. Pemerintah Jepang akan membentuk organisasi khusus untuk menentukan program riset yang juga melibatkan peran swasta. Onishi menyatakan kolaborasi dengan negara lain akan dipertimbangkan. Upaya serupa sebelumnya telah dilakukan AS dengan dukungan dana sepenuhnya dari Kongress. Teknologi jaringan masa depan sebagai penerus Internet diperkirakan akan siap antara 10 hingga 15 tahun lagi.

Opini Saya :

Walaupun berita < pernyataan >ini telah keluar sekitar setangah tahun yang lalu tapi menurut saya berita ini merupakan suatu berita yang heboh bagi perkembangan jaringan komputer dunia< karena saya sudah menyimpannya sejak agustus lalu >.
Menurut saya < walau saya tidak terlalu paham terhadap dunia internet secara detail > pernyataan Onishi ini merupakan salah satu pernyatan yang sangat baik terhadap pencegahaan beredarnya secara bebas para hacker and spammer pada dunia maya.
Mudah2an teknologi ini bisa menghilangkan isu perang dingin yang disebakan oleh peran hacker seperti kasus yang terjadi antara pentagon dengan negara Cina < 4 september 2007 > karena ulah hacker yang tida bertanggung jawab.
Yah kesimpulannya kita tunggu saja seperti apa program yang sedang dikembangkan oleh Jepang ini....

----------------------------------------- THE END -----------------------------------------------------------

indah mengatakan...

Blokir Situs Tetap Dilakukan Sampai 10 Hari ke Depan

sumber:Dewi Widya Ningrum - detikinet

Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan akan menunggu arahan baru dari Depkominfo terkait pemblokiran situs yang memuat film Fitna.

Sambil menunggu arahan baru dari Depkominfo, APJII akan tetap melakukan penutupan situs-situs dan blog sampai sepuluh (10) hari ke depan, atau sampai dengan Sabtu, 12 April 2008. Demikian hasil kesepakatan dari rapat koordinasi APJII dengan NAP siang tadi, yang diterima detikINET, Selasa (8/4/2008).

Jika sampai dengan tanggal tersebut belum juga ada arahan dari pemerintah, maka APJII akan menutup 10 URL terpopuler (bukan situs) yang mengandung film Fitna, karena secara teknis dan ekonomis APJII mengaku hanya sanggup melakukan itu.

Hal ini dilakukan guna tetap memfasilitasi para pelanggan yang memang memanfaatkan situs-situs tersebut untuk bisnis mereka yang sempat terganggu dengan adanya pemblokiran ini.

opini saya :
MenuRut saya tidak begitu diperlukan pemblokiran situs , karena akan menganggu pelanggan yang membutuhkan situs tsb.
Lagipula masy sudah dewasa dlm manghadapi masalah yang sama sebelumnya.

Indah Mulya
205140039

hutz mengatakan...

Sumber : http://e-pendidikan.net/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=48&artid=153
Pemerintah Targetkan Akhir 2008 Semua Wilayah Masuk Dalam Jaringan ICT

DENPASAR--MEDIA: Pemerintah menargetkan akhir 2008, seluruh wilayah
Indonesia sudah tersambung dalam jaringan information communication technology (ICT),
yang dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.
Sebab itu, selain kesiapan infrastruktur ICT di daerah, pemerintah
juga mengharapkan para pengembang content atau pengembang software, untuk bersiap-siap
membentuk konsorsium, yang dapat memanfaatkan
jaringan ICT itu guna perluasan akses.

Sumber: Media Indonesia Indonesia

Komentarku : Konsep pengembangan Jaringan Information communication technology
( ICT ) menurut saya sangat bagus, tetapi pembangunan infrastruktur jg harus dipikirkan
sedemikian rupa, baik dari segi securiti-nya maupun dampak yang terjadi dari pembangunan
konsep tersebut. Pembangunan Information communication tecnology ( ICT ) sangat berguna
bagi departemen yang banyak mengurus birokrasi masyarakat,tetapi jangan sampai pengembangan
tersebut dijadikan alasan untuk menaikan biaya yang ada sangkut pautnya dengan pelayanan publik.

NAMA : M.YUSUF FEBRYANTO.A
NIM : 205140058

indah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Switch Fast Ethernet WebSmart, AT-FS750/48 dari Allied Telesyn

Sumber : detikINET, 9 April 2008

Jakarta - Allied Telesyn memasarkan lebih dari 250 ribu perangkat jaringan Switch Unmanage ke berbagai negara termasuk Indonesia setiap tahunnya.
Demikian dikatakan Harfi Asra, Country Manager Allied Telesyn Indonesia, dalam keterangan pers yang diterima detikINET.
Salah satu perangkat Switch Unmanage yang dipasarkan Alllied Telesyn di Indonesia ialah Switch Fast Ethernet WebSmart, AT-FS750/48.
"Meskipun Switch ini termasuk tipe Switch Unmanage tapi berkemampuan Switch Manage karena memiliki fungsionalitas berbasis Web yang mudah digunakan hingga mampu menghadirkan solusi jaringan berbiaya rendah dengan kemampuan tinggi," jelas Harfi.
AT-FS750/48 memiliki 48 port yang dapat dijalankan pada kecepatan 10 Mbps atau 100 Mbps dengan koneksi kabel UTP. Tersedia juga dua slot tambahan yang dapat digunakan untuk koneksi kabel UTP atau koneksi Fiber Optik, dan juga memiliki dua port gigabit 10/100/1000T dengan koneksi kabel UTP.
Sebagai fungsi tambahan, switch Allied Telesyn yang baru ini mendukung trunking port yang memungkinkan banyak port dijalankan secara bersamaan guna menghadirkan bandwidth yang lebih tinggi antara switch dan perangkat jaringan lainnya. Menurut Harfi, fitur ini sangat berguna untuk mengurangi rasio akses berlebihan pada uplink Gigabit.
Selain itu, Switch Fast Ethernet ini juga menawarkan fitur keamanan jaringan yang andal karena mendukung otentikasi pengguna IEEE 802.1x yang dipadukan dengan server RADIUS. "Dengan demikian, hanya orang yang memiliki otoritas yang dapat mengakses jaringan," tandas Harfi.
( rou / rou )
Pasarkan Switch Ekonomis, Allied Telesyn Bidik UKM
Jakarta - Allied Telesyn membidik perusahaan berskala kecil dan menengah (UKM) dalam memasarkan produk Switch Websmart yang baru saja diluncurkan. Produk bertipe AT-FS750/24POE dengan 20 port 10/100TX Power over Ethernet (PoE) itu diklaim lebih ekonomis soal harga.
Harfi Asra, country manager Allied Telesyn Indonesia, berpendapat bahwa selama ini perusahaan berskala UKM selalu memiliki masalah dalam memilih solusi jaringan yang murah namun bisa memenuhi seluruh kebutuhan mereka.
Dalam pemasarannya di seluruh Indonesia, Allied Telesyn menggunakan jasa distributor Data Global Komukatama.
Komentar :
"Switch AT-FS750/24POE memiliki harga yang lebih murah hingga enam kali lipat dibandingkan produk serupa yang ada di pasar, namun tetap bisa memenuhi kebutuhan UKM dan organisasi-organisasi dalam lingkup tidak terlalu luas," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima detikINET.
Harfa menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu para pelanggannya membuat keputusan tepat atas investasi infrastruktur teknologi informasi yang meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan daya saing dengan menghadirkan solusi-solusi inovatif.

Nim : 205140056
Nama : Tri agus setiawan

Ridwan Ika Purwoko mengatakan...

Submitted by redaksi on 16 April, 2007 - 14:56.

* Berita Daerah

DENPASAR. Pembangunan e-government di kota Denpasar terus mengalami peningkatan. Jaringan terus dibangun untuk menghubungkan antar dinas. Pengelolaan jaringan komputer (beserta bandwidth Internet) ini ditangani oleh kantor pengelola data elektronik (KPDE) dan komunikasi. Jaringan komputer tersebut terdiri dari jaringan cyber school, jaringan antar puskesmas, jaringan kecamatan, jaringan perijinan dan antar instansi. Hal ini terungkap dalam rapat integrasi jaringan yang diselenggarakan KPDE dan Komunikasi kota Denpasar pertengahan April lalu seperti dikutip dari www.denpasar.go.id.
Jaringan cyber school yang dibangun dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud) kota Denpasar tersebut lebih diarahkan pemanfaatannya untuk hubungan antar sekolah. Seperti pertukaran informasi antar sekolah, baik berupa berita seputar pendidikan dan kebudayaan, juga kegiatan antar sekolah. Semua informasi ini juga ditayangkan pada situs www.cyberschooldps.net. Dalam rapat yang dihadiri A.A. Bagus Sudharsana, Kepala Bappeda Kota Denpasar, dijelaskan bahwa melalui jaringan yang ada di dinas dikbud ini akan dilakukan e-learning, video streaming, chatting, e-Library dan penerimaan siswa baru online. “Integrasi jaringan ini untuk memudahkan pengelolaan dan transfer data antar seluruh unit yang tergabung dalam jaringan kota Denpasar,” jelas Bagus.
wayan@wartaegov.com


opini saya :
Mudah2an daerah lain yang belum di bangun jaringan sprt ini dapat di bangun dengan segera karena dengan adanya infrastruktur seperti ini memudahkan pihak pemerintah dalam mengontrol jalannya roda pemerintahan. dan juga dapat lebih efektif dan efisien dalam pengelolaannya.

ridwan ika purwoko
204140079

1dH4m MarTadiNaTa mengatakan...

Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio
by: Onno W. Purbo

Usaha untuk mempelajari kerja mesin pintar ini terus menjamur. Dalam dunia usaha, komputer telah menjadi alat pelengkap yang tidak mungkin ditinggalkan. Dibantu oleh mesin pintar ini, pengolahan dan pengiriman data serta laporan-laporan antar bagian dalam perkantoran dapat dilakukan secara otomatis. Peningkatan efisiensi kerja pada akhirnya menaikan produktivitas.

Kemungkinan untuk ini akan terbuka dengan mengkaitkan komputer satu dengan lainnya. Dalam sebuah gedung, pengkaitan komputer umumnya dilakukan melalui sebuah kabel khusus. Beberapa metoda dapat digunakan untuk mengkaitkan berbagai komputer di sebuah gedung, antara lain dikenal sistem Arcnet, Ethernet dan Token Ring.

Sistem-sistem ini dikenal sebagai jaringan komputer lokal (LAN). Sistem Arcnet umumnya digunakan di Indonesia untuk menghubungkan berbagai komputer mikro di gedung perkantoran. Sistem Arcnet relatif lebih murah akan tetapi kemampuannya jauh lebih rendah dari dua sistem lainnya.

Radio sebagai peralatan komunikasi mungkin dapat menjadi alternatif pemecahan yang sangat ekonomis untuk membangun jaringan komputer wilayah luas yang dapat menjangkau berbagai pelosok Nusantara.
Sistem komunikasi radio saat ini banyak digunakan oleh para amatir radio dalam jaringan komputer mereka yang dikenal sebagai Amateur Packet Radio Network (AMPRNet). Jaringan AMPRNet merupakan jaringan komputer non-komersial internasional yang mengkaitkan banyak komputer milik amatir radio diberbagai negara.

Opini:
Jadi menurut saya Radio sebagai peralatan komunikasi mungkin dapat menjadi alternatif pemecahan yang sangat ekonomis untuk membangun jaringan komputer wilayah luas yang dapat menjangkau berbagai pelosok Nusantara.Di samping faktor ekonomis, ternyata jaringan komputer juga membuka kesempatan terjadinya percepatan proses pertukaran informasi.

Nama: Idham Idries Martadinata
NIM: 204140042

Mas Aji mengatakan...

WEB SERVER
==========

Di internet, pada saat kita membuat suatu Web Server berarti kita memberikan akses kepada orang lain untuk melihat dan memanfaatkan dokumen yang disajikan di dalamnya. Pada saat memberikan akses ini tidak tertutup kemungkinan bagi orang lain untuk memanfaatkan akses yang diberikan untuk kegiatan yang tidak diharapkan. Sebagai contoh yang baru-baru ini cukup ramai dibicarakan adalah ketika web server badan pemerintahan kita yang telah dimasuki oleh para Cracker dari Portugis, mengacak-acak dan melakukan perubahan terhadap dokumen di beberapa server Web di Indonesia.
Dalam artikel ini ada dua hal yang akan dibicarakan yaitu mengenai pengaturan akses orang terhadap web server dan keamanan dari web server. Jika kita dengan senang hati memberikan akses yang tidak terbatas untuk orang lain terhadap web server kita maka bagian yang mengenai pengaturan akses, tidak perlu untuk dibaca akan tetapi perlu untuk memperhatikan bagian yang selanjutnya yang menjelaskan bagaimana mengatur keamanan dalam sistem tempat web server dijalankan.

Bagaimana Cara Mengontrol Akses ?
=================================
Untuk mengontrol akses seseorang terhadap sebuah web server dapat dilakukan melalui dua hal yaitu melalui alamat internet user dan autentifikasi user. Web server akan menerima atau menolak suatu permintaan hubungan dari user melalui web browsernya, berdasarkan pada alamat internet user tersebut. Jika alamat internet seorang user telah tercantum dalam daftar 'black list' web server, maka user tersebut tidak akan dapat mengakses web server tersebut kecuali dengan mengganti alamat internetnya dengan alamat lain yang tidak termasuk dalam daftar 'black list'.
Pada pengontrolan akses dengan menggunakan autentifikasi, user diminta untuk melakukan autorisasi dengan memasukin nama user dan password. Nama user dan passwordnya ini harus telah terdaftar pada server tersebut, jika gagal maka otomatis web server akan menutup hak akses user tersebut, dan user tersebut harus mengulang kembali autorisasi sampai berhasil agar dapat mengakses web server.
Pengaturan akses juga dapat digunakan dengan menggunakan kombinasi dari kedua metoda ini.

Dengan Apa Akses Dikontrol ?
============================
Di dalam web server terdapat suatu file yang dapat digunakan untuk mengontrol akses terhadap web server. File tersebut dikenal dengan Access Control File atau ACF. Ada dua buah ACF yang dapat digunakan yaitu ACF secara global yang memiliki nama file access.conf dan ACF yang digunakan untuk direktori, dengan nama file .htaccess. Nama kedua file ini sebenarnya dapat diatur sesuai dengan keinginan, namun secara default nama keduanya adalah seperti itu. Nama kedua file tersebut dapat diatur melalui file konfigurasi web server, srm.conf.
Hampir semua perangkat lunak untuk web server memiliki bentuk file-file ACF yang sama, baik itu Apache, NCSA, CERN, maupun yang lain-lainnya. Berikut ini adalah contoh umum dari file ACF, access.conf dan .htaccess


Nim : 205140003
Nama : Panji Arya Sanjaya

BloggerKu mengatakan...

1.Tentang IP Address kelas A,B,C

Nama :Dila Erlangga A
Nim :205140047

Memahami IP Address dan Menentukan Subnetting pada IPv4

Kalau anda membaca infokomputer edisi sebelumnya anda diajak untuk memahami DNS (Domain Name Server), Routing Table dan artikel – artikel lain yang menarik yang tentunya berkaitan dengan dunia Internet atau Intranet. Disini kita akan membahas mengenai IP address kenapa ? bukankah bagi mengguna jaringan LAN atau Internet IP address bukanlah hal yang baru ? mungkin hal yang sudah biasa ?. Ada beberapa hal yang menarik dalam membahas IP ini diantaranya bagaimana satu IP dengan IP yang lain agar dapat saling berhubungan ? bagaimana menentukan "nomor jaringan" (network number ) dan menentukan "nomor host" (host number) ? bagaimana merencanakan suatu jaringan untuk masa yang akan datang ? dsb !

Apa IP itu ?

IP adalah "sebuah nomor yang digunakan untuk akses ke Internet atau suatu jaringan komputer. Setiap komputer yang terhubung dengan internet atau jaringan harus memiliki nomor IP yang berbeda (unik)."

IP itu sendiri ditentukan oleh Subnetmask, fungsi dari subnetmask ini adalah untuk membedakan bagian mana dari IP tersebut disebut network dan bagian mana yang disebut dengan host.

Contoh dari subnetmask : 255.255.255.0 atau FF.FF.FF.0 atau dapat ditulis dengan prefix /24 disini cara penulisan yang kita gunakan adalah dengan menggunakan prefix "/" .

IP Address yang sekarang kita gunakan adalah IPv4 (IP version 4 ) yang mendefinisikan 32 bit, berarti hanya 232 (4.294.697.296) alamat IPv4 yang tersedia.

Pembagian kelas IP Address

IP distandarisasi dalam bulan September 1981. Bagian pertama dari Internet Address diidentifikasikan sebagai Network dan Host dan membentuk dua bagian seperti gambar dibawah ini :

atau

IP address dibagi menjadi tiga kelas yang berbeda yaitu : Kelas A, B dan C, disediakan untuk mendukung jumlah dari Network Number.

Prinsip pembagian kelas ini digambarkan seperti dibawah ini :

Kelas A

Bit # 0 1 7 8 31
0

Network Host Number

Number

Kelas B

Bit # 0 2 15 16 31
10

Network Number Host Number

Kelas C

Bit # 0 3 23 24 31
110

Network Number Host Number

Kelas A (/8 Prefixes)

Mempunyai alamat network prefix 8 bit dengan 0 s/d 7 bit network number dan 24 bit host number. Kelas A ini dinotasikan dengan /8.

Maksimum network yang dapat dibentuk 127 (27 - 2) /8. Pengurangan dengan 2 diperlukan karena pada /8 ini network 0.0.0.0 adalah digunakan untuk default route dan pada /8 network 127.0.0.0 digunakan untuk fungsi loopback. Kelas A ini mendukung 16.777.214 ( 2 24 -2) hosts per network. Pada host dikurangi 2 sebab 0 semua (menunjukan network) dan 1 semua (menunjukan broadcast).

Contoh : 10.2.6.78 /8 IP 10.2.6.78

Mask 255.0.0.0

Kelas B (/16 Prefixes)

Kelas B mempunyai 16 bit network-prefix terdiri dari 14 bit network number dan 16-bit host number.

Maksimum network yang dapat dibentuk 16.384 (214) /16 serta 65.534 (216-2) host per nerwork (25% dari total IPv4 )

Kelas C (/14 Prefixes)

Mempunyai address 24 bit network-prefix dengan 21-bit network number serta 8 bit host number didefinisikan /24.

Maksimum network yang dapat dibentuk 2.097.152 (221)/24dengan 254 (28-2) hosts per network.

Untuk mempermudah user dalam membaca dan membuat IP address maka penulisan IP address ini dibagi menjadi empat bagian yang dipisahkan dengan titik (.) yang di sebut "notasi titik desimal".

Notasi titik desimal membagi 32 bit alamat Internet dalam 8 bit. Terlihat seperti gambar dibawah ini :

Bit # 0
10010001 . 00001010 . 00100010 . 00000011

145 10 34 3

145.10.34.3

Tabel dibawah ini merupakan isi dari penggunaan notasi titik desimal.
Kelas Alamat IP
A (/8) 1.xxx.xxx.xxx sampai 126.xxx.xxx.xxx
B (/16) 128.0.xxx.xxx sampai 191.255.xxx.xxx
C (/24) 192.0.0.xxx sampai 233.255.255.xxx

"xxx" merupakan hosts-number yang di buat oleh LAN Administrator.

Subnetting

Tahun 1985 didefinisikan RFC 950 sebuah prosedur standar untuk mendukung subnetting, atau pembagian dari kelas A,B dan C.

Pengembangan dengan subnetting
Network Prefix Host Number
Network Prefix SubnetNumber Host Number

Untuk merancang Subnetting, ada empat pertanyaan yang harus dijawab sebelum mendisain :

1. Berapa banyak total subnet yang dibutuhkan saat ini ?
2. Berapa banyak total subnet yang akan dibentuk pada masa yang akan datang ?
3. Berapa banyak host yang tersedia saat ini ?
4. Berapa banyak host yang akan di diorganisasi dengan subnet dimasa yang akan datang ?

Langkah pertama dalam proses perencanaan adalah menentukan jumlah maksimum dari subnet dan bulatkan keatas untuk bil binary. Contoh, jika perusahaan membutuhkan 9 subnet, 23 (atau 8) tidak akan cukup alamat subnet yang tersedia, jadi network administrator akan membulatkan ke atas menjadi 24 (atau 16). Mungkin jumlah 16 subnet ini tidak akan cukup untuk masa yang akan datang, jadi network administrator harus mencari nilai maksimum atau yang kira-kita memenuhi pada masa yang akan datang misalnya 25 (atau 32).

Tahap kedua yakinkan bahwa jumlah alamat host yang kita buat memenuhi untuk masa-masa yang akan datang.

Contoh Subnet #1

Sebuah perushaan mempunyai nomor network 193.1.1.0/24 dan dibutuhkan 6 subnet. Besarnya subnet harus mendukung 25 host.

Penyelesaian.

Tahap pertama kita harus ketahui berapa bit yang dibutuhkan 6 subnet, dicari dengan melihat kelipatan dua (2,4,8,16,32,64,dst). Disini terlihat bahwa untuk persis sama dengan 6 tidak ada kita harus pilih bilangan yang atasnya (8) atau 23 ada 2 tersisa dapat digunakan untuk kebutuhan masa yang akan datang. Disini 23 berarti kita butuh 3 bit untuk membentuk extended subnet, contoh diatas subnettingnya /24 berarti extendednya adalah /27 untuk jelasnya dapat dilihat gambar di bawah ini.

193.1.1.0/24 = 11000001.00000001.00000001.00000000

255.255.255.224 = 11111111.11111111.11111111.11100000

27 Bit

27 bit extended network ini menyisakan 5 bit untuk mendefinisikan alamat host, berarti ada 25 (32) alamat IP yang dapat dibentuk tapi karena nilai 0 semua dan 1 semua tidak dapat dialokasi (untuk network dan broadcast) jadi yang tersisa ada 30 ( 25-2) untuk masing-masing subnet.

Apabila kita uraikan satu-satu maka alamat subnet yang terbentuk adalah :

Alamat asal : 11000001.00000001.00000001.00000000 = 193.1.1.0/24

Subnet #0 : 11000001.00000001.00000001.00000000 = 193.1.1.0/27

Subnet #1 : 11000001.00000001.00000001.00100000 = 193.1.32.0/27

Subnet #2 : 11000001.00000001.00000001.01000000 = 193.1.64.0/27

Subnet #3 : 11000001.00000001.00000001.01100000 = 193.1.96.0/27

Subnet #4 : 11000001.00000001.00000001.10000000 = 193.1.128.0/27

Subnet #5 : 11000001.00000001.00000001.10100000 = 193.1.160.0/27

Subnet #6 : 11000001.00000001.00000001.11000000 = 193.1.192.0/27

Subnet #7 : 11000001.00000001.00000001.11100000 = 193.1.224.0/27

Untuk membudahkan bahwa perbedaan antara subnet satu dengan yang lainnya adalah kelipatan 32 : 0, 32, 64, 96 ...

Dari contoh diatas, ada 5 bit host number dalam satu subnet, berarti ada 25-2 = 30 host yang dapat dibentuk ini dikarenakan nilai 0 semua sigunakan untuk alamat network dan nilai 1 semua digunakan untuk broadcast number.

Contoh untuk menentukan host dari satu subnet number

Subnet #2: 11000001.00000001.00000001.01000000 = 193.1.1.64/27

Host #1 : 11000001.00000001.00000001.01000001 = 193.1.1.65/27

Host #2 : 11000001.00000001.00000001.01000010 = 193.1.1.66/27

Host #3 : 11000001.00000001.00000001.01000001 = 193.1.1.65/27

Host #4 : 11000001.00000001.00000001.01000001 = 193.1.1.65/27

…..

s/d

Host #32 : 11000001.00000001.00000001.01011110 = 193.1.1.94/27

Bradcast Address untuk subnet diatas (#2) adalah :

11000001.00000001.00000001.01011111 = 193.1.1.95/27

Alamat host yang diperbolehkan pada subnet #6 adalah :

Subnet #6: 11000001.00000001.00000001.11000000 = 193.1.1.192/27

Host #1 : 11000001.00000001.00000001.11000001 = 193.1.1.193/27

Host #2 : 11000001.00000001.00000001.11000010 = 193.1.1.194/27

Host #3 : 11000001.00000001.00000001.11000011 = 193.1.1.195/27

Host #4 : 11000001.00000001.00000001.11000100 = 193.1.1.196/27

Host #5 : 11000001.00000001.00000001.11000101 = 193.1.1.197/27

......

s/d

Host #28 : 11000001.00000001.00000001.11011100 = 193.1.1.220/27

Host #29 : 11000001.00000001.00000001.11011101 = 193.1.1.221/27

Host #30 : 11000001.00000001.00000001.11011110 = 193.1.1.222/27

Alamat Broadcast untuk subnet #6 adalah :

11000001.00000001.00000001.11011111 = 193.1.1.223/27

Contoh Subnet #2

Sebuah perusahaan merencanakan akan membangunan jaringan dengan network number 140.64.0.0/16 dan setiap subnet harus mendukung min 60 host.

Penyelesaian

Tahap pertama kita tentukan berapa bit yang dibutuhkan untuk membentuk min 60 host dalam tiap subnet. Berarti 2 pangkat berapa ? supaya anda dapat menyediakan min 60 host yaitu 62 (26-2 ) tapi kalau kita lihat disini bahwa nilai 62 hanya mempunyai 2 host yang tersisa. Jadi lebih baik apabila beri sisa yang kira-kira cukup untuk masa yang akan datang, pangkatkan bil 2 tersebut dengan 7 menjadi 126 (27-2) dan sisa yang tersedia adalah 66 (126-60).

Tahap selanjutnya karena yang diminta adalah jumlah host, maka seperti yang kita ketahui bahwa network number/alamat IP memiliki 32 bit jadi 32 harus dikurangkan dengan 7 supaya kita ketahui extended network prefix (32-7)=25. Disini dapat di ketahui penbambahan network prefix menjadi /25 atau subnet masknya : 255.255.255.128 digambarkan seperti dibawah ini.

140.64.0.0/16 = 10001100.01000000.00000000.00000000

255.255.255.128 = 11111111.11111111.11111111.10000000

Gambar diatas menunjukan 25 bit extended-network-prefix menghasilkan 9 bit subnet number. Berarti 29 = 512 subnet number yang dapat di bentuk. Network administrator dapat menentukan network/subnet mana yang akan diambil.

Untuk menjabarkannya dapat dilihat dibawah ini tanda tebal menunjukan 9 bit yang menentukan field subnet.

Base Net: : 10001100.01000000.00000000.00000000 = 140.64.0.0/16

Subnet #0 : 10001100.01000000.00000000.00000000 = 140.64.0.0/25

Subnet #1 : 10001100.01000000.00000000.10000000 = 140.64.0.128/25

Subnet #2 : 10001100.01000000.00000001.00000000 = 140.64.1.0/25

Subnet #3 : 10001100.01000000.00000001.10000000 = 140.64.1.128/25

Subnet #4 : 10001100.01000000.00000010.00000000 = 140.64.2.128/25

Subnet #5 : 10001100.01000000.00000010.10000000 = 140.64.0.128/25

....

....

Subnet #510 : 10001100.01000000.11111111.00000000 = 140.64.255.128/25

Subnet #511 : 10001100.01000000.11111111.10000000 = 140.64.255.128/25

Tujuan dari pembuatan notasi titik dan pembuatan dalam bilangan biner adalah untuk memudahkan pembaca dalam menentukan dan memahami pembuatan alamat IP.

Untuk contoh diatas dapat kita tentukan nomor alamat IP perindividu yang dapat dibentuk adalah 126 (27-2) bernilai dari 1 sampai 126.

Misalnya kita ambil subnet #3 untuk perusahaan tersebut, dapat dibentuk host seperti berikut :

Subnet #3 : 10001100.01000000.00000001.10000000 = 140.64.1.128/25

Host #1 : 10001100.01000000.00000001.10000001 = 140.64.1.129/25

Host #2 : 10001100.01000000.00000001.10000010 = 140.64.1.130/25

Host #3 : 10001100.01000000.00000001.10000011 = 140.64.1.131/25

Host #4 : 10001100.01000000.00000001.10000100 = 140.64.1.132/25

Host #5 : 10001100.01000000.00000001.10000101 = 140.64.1.133/25

Host #6 : 10001100.01000000.00000001.10000110 = 140.64.1.134/25

..

..

Host #62 : 10001100.01000000.00000001.10111110 = 140.64.1.190/25

Host #63 : 10001100.01000000.00000001.10111111 = 140.64.1.191/25

Host #64 : 10001100.01000000.00000001.11000000 = 140.64.1.192/25

Host #65 : 10001100.01000000.00000001.11000001 = 140.64.1.193/25

...

...

Host #125 : 10001100.01000000.00000001.11111101 = 140.64.1.253/25

Host #126 : 10001100.01000000.00000001.11111110 = 140.64.1.254/25

Alamat Broadcast untuk subnet #3 adalah :

10001100.01000000.00000001.11111111 = 140.64.1.255/25

Sekarang bagaimana apabila user yang ada dan yang terkoneksi ke jaringan lebih dari 126 user ? Kita dapat menambah subnet dengan subnet yang keempat atau yang lainnya tapi diantara keduanya harus dipasang router agar kedua network terhubung.

Ernst Kanemoto mengatakan...

Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web(www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Modzilla, dan program browser lainnya.
Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGML (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa gambar, browser yang hanya mampu menampilkan teks(misalnya lynx) tidak akan mampu menampilkan gambar tersebut, dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja.

Web server, untuk berkomunikasi dengan client-nya (web browser) mempunyai protokol sendiri, yaitu HTTP (hypertext tarnsfer protocol). Dengan protokol ini, komunikasi antar web server dengan client-nya dapat saling dimengerti dan lebih
mudah. Seperti telah dijelaskan diatas, format data pada world wide web adalah SGML. Tapi para pengguna internet saat ini lebih banyak menggunakan format HTML (hypertext markup language) karena penggunaannya lebih sederhana dan mudah dipelajari.
Kata HyperText mempunyai arti bahwa seorang pengguna internet dengan web browsernya dapat membuka dan membaca dokumen-dokumen yang ada dalam komputernya atau bahkan jauh tempatnya sekalipun. Hal ini memberikan cita rasa dari suatu proses yang tridimensional, artinya pengguna internet dapat membaca dari satu dokumen ke dokumen yang lain hanya dengan mengklik beberapa bagian dari halaman-
halaman dokumen (web) itu.

Untuk mengontrol akses seseorang terhadap sebuah web server dapat dilakukan melalui dua hal yaitu melalui alamat internet user dan autentifikasi user. Web server akan menerima atau menolak suatu permintaan hubungan dari user melalui web browsernya, berdasarkan pada alamat internet user tersebut. Jika alamat internet seorang user telah tercantum dalam daftar 'black list' web server, maka user tersebut tidak akan dapat mengakses web server tersebut kecuali dengan mengganti alamat internetnya dengan alamat lain yang tidak termasuk dalam daftar 'black list'.
Pada pengontrolan akses dengan menggunakan autentifikasi, user diminta untuk melakukan autorisasi dengan memasukin nama user dan password. Nama user dan passwordnya ini harus telah terdaftar pada server tersebut, jika gagal maka otomatis web server akan menutup hak akses user tersebut, dan user tersebut harus mengulang kembali autorisasi sampai berhasil agar dapat mengakses web server.


Apache merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di Internet. Program ini pertama kali didesain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Namun demikian, pada beberapa versi berikutnya Apache mengeluarkan programnya yang
dapat dijalankan di Windows NT. Berdasarkan sejarahnya, Apache dimulai oleh veteran developer NCSA httpd (National Center for Supercomputing Application). Saat itu pengembangan NCSA httpd
sebagai web server mengalami stagnasi. Meninggalkan NCSA dan memulai sebuah proyek baru bersama para webmaster lainnya, menambal bug, dan menambahkan fitur pada NCSA httpd. Mereka mengembangkan program ini lewat mailing list. Dengan berpijak pada NCSA httpd versi 1.3, Team Apache mengeluarkan
rilis pertama kali secara resmi Apache versi 0.6.2. Tim inti pengembang Apache waktu itu.

Nama Apache diambil dari kata "A Patchy Server", server perbaikan yang penuh dengan tambalan (patch). Tambalan yang dimaksud adalah penambahan fitur dan penambalan bug dari NCSA httpd Versi 1.3.

Server apache dapat otomatis berkomunikasi dengan client browsernya untuk menampilkan tampilan terbaik pada client browsernya. Misalnya, browser ingin menampilkan dalam bahasa spanyol, maka web server apache otomatis mencari dalam servicenya halaman-halaman dengan bahasa
spanyol.

dikerjakan oleh:
HARRY PURNOMO
206140003